Tips Aman Mengendarai Motor

Meningkatnya angka kecelakaan di jalan raya tentu mengundang pertanyaan tersendiri. Kenapa angka kecelakaan meningkat drastis dengan korban utama pengendara sepeda motor? Apa yang menjadi faktor utama penyebab kecelakaan tersebut? Apakah karena orangtua tidak memakai sabuk bonceng saat berkendara dengan balita hingga anak terpental saat terjadi kecelakaan? Berikut ini beberapa tips aman mengendarai motor di jalan raya untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

  1. Berkonsentrasi pada lampu lalu lintas

Kebanyakan orang memang sering melanggar lampu lalu lintas apalagi di Indonesia dari tancap gas saat lampu masih kuning, tidak berhenti saat lampu merah hingga berhenti di garis zebra cross yang menjadi hak para pejalan kaki. Anda pasti tahu bahaya yang mengintai tersebut, maka sebaiknya mulai saat ini mematuhi lampu lalu lintas yang ada.

  1. Berkonsentrasi penuh saat berkendara di samping mobil

Maraknya angka kecelakaan juga dipicu oleh kendaraan seperti mobil yang tidak tertib lalu lintas entah mobil pribadi atau kendaraan umum. Ada kendaraan umum yang mendadak berhenti atau menepi sedangkan anda dalam laju kendaraan yang cepat sungguh sangat berbahaya. Apalagi jika anda membawa anak-anak, maka sebaiknya anda memastikan ia aman dengan menggunakan sabuk bonceng anak agar saat tiba-tiba berhenti, anak tidak terbentur.

  1. Dilarang menyalip di tikungan

Anda pasti tahu banyak sekali kecelakaan yang terjadi di tikungan tajam akibat seseorang yang menyalip kendaraan lain di tempat ini. Dengan berbagai alasan seperti tidak sabar menunggu, tergesa-gesa dan sebagainya akan membuat celaka orang itu sendiri.

  1. Memeriksa semua kelengkapan unit kendaraan

Penting sekali memeriksa kendaraan sebelum berkendara seperti tekanan roda kendaraan, kondisi busi, rem dan segala sesuatu yang berkaitan keselamatan berkendara.

  1. Memiliki SIM dan perlengkapan pendukung keselamatan

Banyak sekali kasus kecelakaan yang melibatkan remaja karena mereka suka ngebut tanpa memikirkan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Jika tidak memiliki SIM, sebaiknya anda tidak mengijinkan anak-anak mengendarai motor. Selain itu, pastikan pula anda memakai helm yang berstandar SNI dan jika membawa anak-anak, pakailah sabuk bonceng untuk menjaga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka anak akan aman.Sabuk bonceng anak terbukti mampu meminimalisir efek dari kecelakaan.

Jika memang berkendara dengan anak apalagi yang masih balita sebaiknya anda memakai sabuk bonceng anak. Sabuk bonceng Oscas berfungsi menjaga anak agar tidak terpental sebab dibuat dari bahan berkualitas. Pastikan semua perlengkapan saat berkendara lengkap serta perhatikan tips aman berkendara di jalan raya agar menjamin tingkat keselamatan anda

 

Keyword             : Sabuk bonceng, sabuk bonceng anak, sabuk bonceng Oscas

Sumber :  http://sabukbonceng.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *