Panduan Lengkap Dalam Menyusun Pembukuan Akuntansi

Panduan Lengkap Dalam Menyusun Pembukuan Akuntansi

Pembukuan memiliki peran penting bagi keberlangsungan dari suatu usaha. Mungkin untuk saat ini, manfaatnya belum Anda rasakan, namun di kemudian hari Anda akan menyadari betapa pentingnya membuat book-keeping yang baik dan benar.Pembukuan memiliki peran penting bagi keberlangsungan dari suatu usaha. Mungkin untuk saat ini, manfaatnya belum Anda rasakan, namun di kemudian hari Anda akan menyadari betapa pentingnya membuat book-keeping yang baik dan benar.Kebanyakan dari mereka enggan untuk membuat book-keeping karena keterbatasan pengetahuan mengenai akuntansi. Menurut pandangan mereka bahwa membuat book-keeping sangatlah sulit dan rumit. Namun, tidak perlu bingung lagi karena informasi berikut ini akan membantu Anda dalam membuat pembukuan akuntansi yang mudah.

Panduan Lengkap Dalam Menyusun Pembukuan Akuntansi
Panduan Lengkap Dalam Menyusun Pembukuan Akuntansi
  1. Mengumpulkan setiap notaKumpulkanlah semua nota yang dimiliki perusahan sejak awal berdiri hingga sekarang. Kemudian sortirlah berdasarkan dengan tahun, bulan, dan tanggalnya agar lebih mudah untuk dicatat.Setelah itu, pisahkan pula berdasarkan dengan kategori yang telah dibuat oleh perusahaan seperti pembelian bahan produksi, pembelian bahan baku, biaya administrasi, biaya pemasaran, pelunasan hutang, penjualan, biaya listrik dan air, dan lain sebagainya.
  2. Buatlah beberapa pembukuan dasarSebenarnya pembukuan dasar terdiri dari dua buku yaitu buku jurnal kecil dan buku jurnal besar yang berisi setiap aktivitas keuangan. Namun, untuk memudahkan Anda dalam menghitung transaksi, gunakanlah buku jurnal kecil serta jurnal pemasukan dan pengeluaran saja. Kedua buku tersebut akan memudahkan dan mempercepat Anda dalam perhitungan total.Buku jurnal kecil biasanya terdiri dari akun pemasaran dan administrasi, piutang, hutang, persediaan gudang, investor, biaya produksi.
  3. Pemasukan dataMasukkanlah semua transaksi dari nota-nota yang telah dikumpulkan dan telah diklasifikasikan berdasarkan tanggal serta kategorinya. Pastikan bahwa Anda tidak salah dalam memasukkan transaksi dan tidak ada satu pun nota yang terlewatkan.Terkadang ada beberapa transaksi yang perlu dimasukkan ke dalam dua akun, sebagai contoh transaksi pembayaran piutang dari pelanggan yang harus dimasukkan ke dalam akun pemasukan kas karena menambah jumlah kas dan dimasukkan pula ke dalam akun piutang karena mengurangi jumlah hutang yang dimiliki oleh konsumen. Hal tersebut juga berlaku untuk transaksi lainnya.Ada juga transaksi yang sifatnya berkesinambungan seperti transaksi keluarnya barang dari bagian produksi yang dicatat sebagai barang masuk gudang penyimpanan dan menambah persediaan barang.
  4. Pembukuan harus di-update secara rutinSetelah semua transaksi perusahaan dari awal hingga sekarang selesai dicatat, maka selanjutnya Anda harus meneruskan proses book-keeping sehari-hari dengan transaksi-transaksi baru yang dijalankan oleh perusahaan. Pastikan jug bahwa data keuangan tersebut akurat dan terbaru agar dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan usaha.Sebaiknya, Anda juga membuat pelaporan secara periodik agar perusahaan dapat mengukur dan bercermin dari usaha yang sedang dijalankan.
  5. Tambahkan akun penyesuaianJika dipikir secara logika bahwa setiap biaya akan mengurangi modal, namun pencatatannya tidak dilakukan demikian. Biaya akan memotong kas dan bersifat memotong asset atau kekayaan.Untuk itu, Anda harus membuat risalah biaya dan jurnal penyesuaian untuk membuat biaya dapat berfungsi mengurangi modal bukan asset. Biaya yang sudah dilakukan risalah statusnya menjadi nol untuk mengawali periode yang baru.
  6. Tambahkan akun bila perluSeiring dengan berkembangnya bisnis, maka perusahaan anda juga memerlukan akun-akun yang baru untuk menampung semua transaksi usaha. Untuk itu, jangan sungkan-sungkan untuk menambahkan akun dalam pembukuan agar bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Panduan tersebut bisa dijadikan ilmu pembelajaran bagi Anda yang masih asing dengan pembukuan. Agar pekerjaan Anda menjadi lebih mudah, tidak ada salahnya jika memanfaatkan teknologi seperti menggunakan aplikasi pembukuan. Software Sleekr Accounting untuk mempermudah membuat book-keeping yang akurat dan aman. Pekerjaan Anda menjadi lebih efektif dan efisien dengan menggunakan software ini.

Ingin mengetahui kelebihan dan informasi penting lainnya mengenai software ini? Kunjungi saja situs https://sleekr.co/accounting/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *