Menelusuri Adat dan Budaya Khas Toraja

Libur telah tiba, bagi kalian para traveller yang bingung ingin mengisi liburan kemana. Kalian harus bisa mencoba wisata yang cukup unik di Sulawesi. Lebih tepatnya di Toraja. Yap tempat wisata yang berada di Sulawesi Selatan ini sudah cukup terkenal dikalangan pelancong Indonesia. Mereka datang untuk melihat bagaimana adat dan budaya khas toraja yang bisa dikatakan unik. Objek wisata ini berjarak 350 km dari kota Makasar. Jika kalian ingin menuju kesana kalian bisamenggunakan penerbangan domestik atau menggunakan kendaraan darat. Jika menggunakan penerbangan domestik kalian akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Namun jika kalian menggunakan kendaraan darat kalian akan menempuh perjalanan sekitar 7 jam. Dengan jarak yang cukup panjang ini kalian tidak akan rugi untuk menjadikan tempat ini sebagai destinasi yang akan dituju untuk mengisi liburan. Berikut ini akan dijelaskan apa saja yang ada di Tana Toraja. Libur telah tiba, bagi kalian para traveller yang bingung ingin mengisi liburan kemana. Kalian harus bisa mencoba wisata yang cukup unik di Sulawesi. Lebih tepatnya di Toraja www.ExploreToraja.com. Yap tempat wisata yang berada di Sulawesi Selatan ini sudah cukup terkenal dikalangan pelancong Indonesia. Mereka datang untuk melihat bagaimana adat dan budaya khas toraja yang bisa dikatakan unik. Objek wisata ini berjarak 350 km dari kota Makasar. Jika kalian ingin menuju kesana kalian bisamenggunakan penerbangan domestik atau menggunakan kendaraan darat. Jika menggunakan penerbangan domestik kalian akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Namun jika kalian menggunakan kendaraan darat kalian akan menempuh perjalanan sekitar 7 jam. Dengan jarak yang cukup panjang ini kalian tidak akan rugi untuk menjadikan tempat ini sebagai destinasi yang akan dituju untuk mengisi liburan. Berikut ini akan dijelaskan apa saja yang ada di Tana Toraja .
• Rumah Adat Tongkonan – salah satu adat dan budaya khas toraja yang bisa wisatawan nikmati adalah rumah adatnya. Rumah yang atapnya terbuat dari daun nipa atau daun kelapa yang mampu bertahan hingga puluhan tahun. Rumah adat ini memiliki suasana mistis, karena didalam rumah ini terdapat jenazah yang di letakan di atas balai – balai dengan tinggi sepinggang. Didalam situ jenazah tersimpan untuk menunggu prosesi pemakaman. Ada yang sudah berbulan – bulan hingga mencapai tahunan. Rumah adat ini juga memiliki strata derajat sesuai dengan kebangsaan masyarakat. Yaitu, strata emas, perunggu, besi dan kuningan.
• Desa Adat Pallawa – desa ini menjadi khas dari Tana Toraja. Karena di desa ini masih menjunjung tinggi adat dan budaya khas toraja. Terdapat 15 lumbung padi dan 11 rumah khas Tana Toraja. Bangunan yang sudah berusia ratusan tahun ini masih dijaga keutuhan dan susunan setiap detail rumah. Dari luar kita dapat melihat beberapa susunan tanduk kerbau. Hal ini akan menunjukan strata sosial dari pemilik rumah. Semakin banyak tanduk kerba maka akan semakin tinggi pula strata sosialnya. Hal ini karena pemilik rumah akan semakin sering mengadakan upacara adat, sehingga semakin kaya pemilik rumah akan ditunjukan dengan tanduk kerbau. Tidak hanya itu, masih ada taring babi. Yang memiliki arti bahwa rumah tersebut sudah di upacarakan dalam adat Toraja.
• Pemakaman Lemo – di tempat ini kalian bisa melihat adat dan budaya khas toraja yang bisa dibilang unik. Karena pemakaman ini berada di atas tebing. Jenazah akan diletakan di dalam sebuah lobang si diding tebing cadas. Terdapat tempat yang memang sudah dipersiapkan di tebing tersebut. Semakain tinggi letak pemakamannya maka akan semakin tinggi pula strata yang dimiliki jenazah tersebut. Cukup unik bukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *