Manfaat Ronda Malam Untuk Masyarakat

manfaat ronda malamSiskamling singkatan dari Sistem Keamanan lingkungan dimana salah satu fungsinya adalah untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat. Dalam pelaksanaanya di setiap desa dilakukan dengan ronda malam yang dilakukan oleh warga desa dalam ruang lingkup RT atau RW.biasanya warag melakukan ronda dengan berjalan kaki mengitari lingkunagan untuk menjaga swasana dan keamanan desa atau kampung.

pemberlakuan dalam ronda malam sesuai jadwal yang diberlakuakan oleh ketua rt setempat yang mana sudah dikelompokan sesuai dengan jadwal ronda.biasanya setiap hari berisi 5 sampai 6 orang warga dalam pelaksanaanya setiap hari. setiap malam warga yang melakukan aktivitas ronda malah terbagi menjadi 2 kelompok ada yang berpatroli mengelilingi kampung dan terkadang juga mengambil jimpitan yang disiapkan dalam sebuah kaleng atau wadah kecil sesuai dengan kesepakatan warga setempat.

Siskamling( sistem keamanan lingkungan)adalah salah satu upaya masyarakat untuk menghimpun dan meningkatkatkan kewaspadaan dan peningkatan keamanan masyarakat yang bertujuan sebagai perlindungan salah satunya adalah mencegah dan menangka; beberapa ancaman dan gangguan yang ada.

kesadaran yang dilakukakn oleh masayarakat desa dalam melakukan ronda malam adalah salah satu bentuk swakarsa yang mana hal itu perlu dilestarikan keberadaaanya, dan ditingkatkan untuk menciptakan sikap mental yang baik,kepekaan dan solidaritas antara sesama warga kampung. yang berazakan ghotong royong,kerjasasma dan paguyuban yang mana hal itu sesuai jiwa pancasila masyarakat indonesia.

berdasarkan pancasila uud 1945 diaharapkan mampu mempengaruhi mendapatkan kemampuan daya yang memenuhi kebutuhan keamanan masyarakay yang adil dan beradab sehingga terwujudlah masyarakat yang adil,makmur serta beradab sesuai tuntunan pancasila dan rumusan uud 1945.klik kerenmas.com dan cari avant personal loans.

Beberapa manfaat ronda malam dalam siskamling

1.menjaga keamanan masyarakat
salah satu manfaat ronda malam adalah menjaga keamanan masyarakat baik yang ditimbulakan oleh internal dan extrernal
contohnya pencurin,perampokan dan pelanggaran norma norma lain yang tidak sesuai dengan hukum di indonesia

2.sebagai antisipasi masalah
manfaat ronda malam yang kedua adalam diharapkan dengan pelaksanaan ronda malam disetiap daerah bisa mengantisipasi afdanya bebrapa masalah baik yang bersifat bencana alam misalnya banjir,kebakaran dan bencana alam lainnya

3. sebagai ajang ukhuwah islamiyah atau ajang silaturahmi antar sesama warga

hal ini disadari atau tidak bahwasanyya keberadaan ronda malam menjadikan hubungan antara sesama warga menjadi baik karena manfaat ronda malam salah satunya adalah hubungan warga menjadi erat,kepekaan dan rasa saling menjaga menjadi tumbuh antar sesama masyarakat desa.

4.meningkatkan kebersamaan.
manfaat ronda malam yang terakhir adalah meningkatkan kebersamaan masyarkat desa diman salah satunya adalah masyarakat menjadi tau betapa pentingnya kebersamaan untuk saling menjaga keamaan dan stabilitas kenyamanan susana ;ingkungan masyarakat.

Demikianlah bebrapa manfaat ronda malam dan pengertian fungsi dan tujuan diadakannnya ronda malam yang mana hendaknya kita sebagai masyarakat dan warga negara indonesia untuk berpartisipasi membela dan mensejahterahkan negara melalui penigkatan keamanan lingkungan masyarkat dengan memberlakukan ronda malam disetiap daerah sehingga keamanan dan stabilitas lingkungan bisa terjaga baik ditimbulakan dari luar masyarakat dan dari dalam masyarakat itu tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *