Kenali Petunjuk Keputihan Tak Normal Semenjak Dini

Kenali Petunjuk Keputihan Tak Normal Semenjak Dini

Kenali Petunjuk Keputihan Tak Normal Semenjak Dini – Tiap-tiap wanita pasti pernah mengalami keputihan. Normalnya, kelenjar di dalam Miss V memproduksinya supaya Miss V tak kering dan juga berfungsi untuk membawa keluar sel-sel mati serta bakteri sehingga Miss V konsisten bersih.

Menurut Data Dokter Keputihan yang normal lazimnya berwarna jernih dan tak beraroma atau memunculkan keluhan seperti gatal dan rasa tak nyaman. Melainkan, ada dikala di mana keputihan menjadi tak normal.

Kapan keputihan menjadi tak normal?

Info Kesehatan menyebutkan udara panas membikin keadaan tubuh menjadi lembap, termasuk zona kewanitaan. Keadaan lembap membikin kuman tumbuh dengan pesat sampai bisa memunculkan gatal, iritasi sampai keputihan yang tak normal.

Keputihan yang perlu diwaspadai merupakan yang disertai petunjuk-petunjuk berikut:

Berwarna abu-abu, kehijauan, kekuningan, atau disertai bercak darah
Beraroma tak nikmat seperti beraroma anyir atau seperti daging busuk
Konsistensi menjadi benar-benar padat atau bergumpal-gumpal seperti keju
Jumlahnya benar-benar banyak
Disertai keluhan seperti gatal-gatal, perih di sekitar mulut Miss V, nyeri dikala berkemih, nyeri perut bawah, nyeri dikala terkait intim, mengalami perdarahan di luar siklus haid atau sesudah terkait intim
Petunjuk-petunjuk hal yang demikian lazimnya menampilkan bahwa keputihan disebabkan oleh infeksi bakteri seperti kuman, jamur, parasit, dan virus. Bakteri-bakteri ini dapat berasal dari flora normal di dalam Miss V ataupun imbas infeksi menular seksual.

Keputihan yang tak normal juga dapat disebabkan oleh kondom atau tampon yang ketinggalan di dalam Miss V atau imbas sering kali mencuci komponen dalam Miss V (douching). Douching akan mengganggu keseimbangan flora normal Miss V sehingga memicu keputihan.

Keputihan yang tak normal sepatutnya seketika diobati sebab infeksi bisa ‘naik’ ke rahim dan komponen dalam panggul. Jikalau diizinkan, komplikasi bisa timbul berupa penyakit radang panggul. Dalam rentang panjang, penyakit ini bisa memunculkan gangguan kesuburan.

Jika perlu, pakai pantyliner dengan kandungan antiseptik natural yang bisa menghalangi pertumbuhan kuman penyebab keputihan tak normal. Pemakaian pantyliner sepatutnya disertai dengan penerapan yang teratur, merupakan diganti tiap-tiap tiga jam.

Sebab itu, kalau Anda mengalami keputihan dengan ciri-ciri tak normal yang tidak kunjung sembuh, seketika periksakan diri ke dokter. Ini penting supaya bisa diobati dengan pas. Yuk, jaga kesehatan zona kewanitaan supaya senantiasa bersih dan sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *