Harga Obat Mahal, Ini Kata Calon Menkes

Daftar Harga Obat – Satu diantara calon Menteri Kesehatan versus kabinetrakyat. org, Ribka Tjiptaning, menyebutkan satu diantara masalah sebagai persoalan rakyat Indonesia yaitu harga obat medis yang harga nya tidak terjangkau.

Hal itu, kata Ribka, karena banyak dokter yang bermain dengan perusahaan farmasi dengan iming-imingi beragam sarana serta hadiah yang didapatkan industri farmasi. Modus praktek nepotisme pada perusahan farmasi dengan dokter diantaranya dengan meresepkan atau mereferensikan merk obat spesifik yang harga nya tidak terjangkau oleh rakyat menengah ke bawah.

” Saat ini dokter jadi kepanjangan tangan industri farmasi. Umumnya saat ini dokter cuma jadi pedagang, ” kata Ribka di Hotel Acacia, Jl Kramat, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (6/8/2014).

Menurut Ketua Komisi IX DPR ini, dengan bermainnya oknum dokter itu menyebabkan orang-orang tidak bisa mencapai obat yang sesungguhnya dapat resepkan dengan merk yang lebih murah dengan faedah yang sama, umpamanya obat generik.

Untuk itua, manfaat menangani mahalnya harga obat, diinginkan pemerintah lima th. ke depan lewat Kementrian Kesehatan, mengambil keputusan harga eceran teratas obat generik ataupun bukanlah generik. Serta memberi sangsi yang tegas pada dokter yg tidak jual obat generik.

” Ini mesti ada kepastian atau ketegasan agar memberi sangsi pada dokter. Saat ini ada dokter yang diharuskan gunakan obat generik, namun dokter tidak gunakan generik juga tidak apa-apa, tidak di beri sangsi, ” ujarnya.¬†Baca Juga Obat Tradisional :¬†https://hargaobat.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *