Fakta Menarik Tentang Paru-Paru

Paru-paru adalah salah satu dari sekian banyak organ vital di dalam tubuh kita. Banyak dari kita tidak menyadari dan tidak memperhatikan seperti apa organ ini dalam bekerja.

Fakta Menarik Tentang Paru-Paru

Berikut ini kami utarakan beberapa fakta menarik tentang paru-paru. Mungkin Kamu belum Anda mengetahuinya sebelum ini. Mari kita simak penjelasannya berikut ini:

  • Kebanyakan manusia Dewasa bisa menahan nafas selama 30-60 detik

Tapi para penyelam bebas atau orang yang menyelam di bawah air tanpa mengenakan alat pernapasan.  Mereka menguasai berbagai teknik menyelam, seperti mengurangi konsentrasi karbon dioksida(CO2) dalam darah atau hiperventilasi, sehingga mereka bisa menahan nafas dalam waktu yang sangat lama.

Saat ini Guinness World Record untuk menahan napas selama 22 menit di bawah air dipegang oleh Stig Severinsen dari Denmark. Luar biasa!!

  • Organ yang dapat mengapung di air.

Paru-paru mengandung sekitar tiga ratus juta struktur menyerupai balon yang disebut sebagai alveoli. Alveoli menggantikan karbon dioksida(CO2) di dalam darah dengan oksigen(O2). Dan pada saat alveoli diisi dan penuh dengan udara, kondisi ini akan membuat paru-paru bisa mengapung di air.

  • Kanker paru-paru(lung cancer) adalah pembunuh yang mematikan di dunia.

Menurut penelitian, kanker paru-paru dikatakan sebagai pembunuh yang lebih mematikan dibandingkan dengan jenis kanker lainnya, seperti kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker prostat. Sekitar 80 persen penderita kanker paru-paru berusia di atas 60 tahun.

  • Orang normal dalam kondisi rileks mempunyai sekitar 16 napas per menit.

Secara umum, manusia bernapas lebih dari 900 kali per jamnya, 23.000 kali sehari, dan 8.400.000 kali satu tahun. Seseorang yang mampu hidup sampai umur 80 tahun akan bernapas sekitar 672.700.000 kali dalam seumur hidup mereka.

Seseorang masih bisa bertahan hidup meski salah satu paru-parunya diambil karena kanker paru –paru atau penyakit paru-paru. Pada saat salah satu paru-paru diangkat, paru-paru yang satunya akan mengembang karena akan mengambil beberapa ruang kosong cadangan. Jika seseorang hidup dengan satu paru-paru, itu tidak akan terlalu mempengaruhi kehidupan seseorang dan juga tidak memperpendek usia hidup seseorang. Orang yang hanya memiliki satu paru-paru tidak akan mempunyai kekuatan penuh dalam olahraga jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki dua paru-paru.

Itulah 5 fakta menarik paru-paru. jagalah kesehatan paru-paru Anda tetap sehat dengan menerapkan gaya hidup sehat dan hindarilah asap rokok serta jangan merokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *