Apa sih Perbedaan Tuxedo Dengan Jas

Penampilan pria yang keren namun elegan jelas banyak diminati. Pria akan semakin terlihat lebih berkharisma ketika ia menggunakan setelan jas.

Pada dasarnya ada bermacam-macam setelan jas untuk pria. Tapi apakah anda cermati apa yang anda pakai?

Jas dan tuxedo, adalah dua hal yang sama namun berbeda. Apakah pria sepenuhnya memamahi perbedaan di keduanya? Hal-hal apa saja yang membuat ketidak samaan antara setelan jas dengan tuxedo?

Untuk anda semakin mengetahui beberapa hal yang membedakan antara jas dan tuxedo. Anda perlu mempelajari lebih dulu apa perbedaan mendasar antara jas dan tuxedo.

Perbedaan ini dilihat dari tujuan memakainya, bahannya, aksesoris tambahan dan bahan penggunaannya. Ingin tahu? Simak ulasannya berikut ini!

Dilihat dari Orientasi Penggunaannya

Setelan jas adalah salah satu pakaian resmi pria yang berlengan panjang. Jas acapkali digunakan untuk menghadiri acara-acara resmi atau acara-acara kenegaraan.

Adapun tuxedo, bisa digunakan ke acara yang harus makin resmi lagi. Acara-acara tersebut semacam mendatangi momen pernikahan, pesta hingga gala dinner.

Diliihat dari Detailnya

Pada jas, wujud kerahnya atau lapel yang acapkali pria gunakan umumnya berupa notched-lapel. Sedangkan pada tuxedo kerahnya berbentuk melengkung atau shawl.

Biasanya kerah tuxedo diproduksi terbatas yakni dari bahan satin atau velvet yang kelihatan berkilau ketika digunakan.

Diliihat dari Tambahan Aksesorinya

Penampakan pria menggunakan jas, belum ideal rasanya jika belum menggunakan dasi. Dasi adalah pilihan terbaik untuk Anda pakai diluar setelan jas Anda. Memakai dasi akan membuat penampilan Anda tampak lebih sempurna.

Adapun tuxedo, dasi bukan lagi pilihan, tapi wajib untuk digunakan. Dasi yang serasi dengan tuxedo yakni dasi kupu-kupu. Selain dasi, Anda juga bisa menggunakan vest atau cummerband.

Vest alias cummerband ialah hiasan yang kerap lelaki kenakan saat mengenakan tuxedo. Vest serupa halnya rompi, komposisinya wajib disesuaikan dengan tuxedo. Boleh juga diselaraskan dengan dasi yang dipakai.

Pada cummerband atau ekstensi yang nyaris serupa dengan obi tersebut dipakai sebagai penutup sisi pinggang dari celana.

Ditinjau dari Komposisi Pakaiannya

Jas biasanya diproduksi dari beberapa kain dengan bahan linen. Sejatinya terdapat beragam komposisi kain yang dapat dipakai oleh jas. Apabila jas yang lelaki pakai merupakan tolok ukur normal, jas tersebut diproduksi menggunakan bahan driil.

Apabila jasnya berkarakteristik tradisonal, maka jas itu diproduksi menggunakan komposisi shantung. Di sisi lain, jas yang lumayan mahal diproduksi dengan komposisi woll. Entah itu semi woll, silk woll, bahkan 100% woll.

Berbeda halnya|dengan jas, tuxedo dibuat menggunakan komposisi yang nilainya semakin mahal ketimbang jas. Biasanya tuxedo dibuat menggunakan kain yang dengan bahan halus serta mahal. Selain itu, ada pula tuxedo yang dibuat dari kain sutera, yang mana kainnya mempunyai kontur mulus nan lembut.

Ada yang diproduksi dengan kain satin, kain yang eksklusif dengan berseri membuat kaum adam akan begitu tampak mewah. Ada pun kain velvet, yang mana kain tersebut nampak jauh mengkilap dan komposisinya begitu halus.

Terakhir, tuxedo diproduksidengan bahan kain woll, tapi pastinya woll pada tuxedo ialah woll yang bermutu tinggi. Oleh karena itu wajar apabila harga jas dengan tuxedo lumayan tinggi daripada harga tuxedo.

Itulah cara yang dapat Anda coba apabila mau mengenakan tuxedo atau jas. Bila Anda sulit mana perbedaan keduanya, maka tidak keliru kalau hal itu mampu berdampak pada bagaimana cara berpenampilan anda. Jangan lupa kunjungi di sablon kaos murah jakarta timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *