Mengnal Macam Alat Kesehatan di Laboratorium

Alat Kesehatan di Laboratorium terdiri dari berbagai macam dan jenis. Hampir semua jenis alat kesehatan ada di dalamnya. Namun ada beberapa macam alat khusus yang memang benar – benar berada di laboratorium khususnya untuk laboratorium kesehatan. Apa sajakah itu ? Mari kita simak selengkapnya di ulasan singkat pada kesempatan kali ini.

alat kesehatan di laboratorium

Alat kesehatan yang ada di laboratorium juga memiliki peranan layaknya alat medis. Namun lebih spesifik pada fungsi sebagai alat untuk mendiagnosa penyakit atau menganalisa sample yang nantinya digunakan untuk membantu fonis dokter terhadap penyakit pasien.

Contoh Alat Kesehatan di Laboratorium

Oke langsung saja, tidak perlu berlama – lama lagi, inilah beberapa contoh alat kesehatan yang ada di laboratorium kesehatan atau medis di rumah sakit.

1. Chemistry Analyzer

Seperti tadi yang sudah saya jelaskan diatas, alat yang ada dilaboratorium terdiri dari alat – alat yang berfungsi untuk mendiagnosa penyakit. Inilah salah satu contoh alat tersebut. Chemistry Analyzer merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk diagnosis zat – zat kimia yang terdapat dalam darah. Contohnya untuk menganalisa gula darah, kolesterol, asam urat dan lain sebagainya. Harga Chemistry Analyzer memang cukup mahal sehingga bisa jadi di rumah sakit tertentu belum tersedia alat tersebut, oleh karena itu dirujuk ke rumah sakit lain yang sudah memiliki unit laboratorium yang lebih lengkap.

2. MIkroskop

Saya rasa anda sudah tidak asing lagi dengan alat ini. Mikroskop merupakan salah satu alat laboratorium yang umum dan banyak digunakan di berbagai jenis laboratorium. Dan ternyata mikroskop juga digunakan di laboratorium kesehatan di sebuah rumah sakit atau klinik. Fungsi alat ini secara umum adalah untuk melihat benda – benda yang berukuran kecil atau mikro.

3. Beker Glas

Sebuah gelas yang memiliki multi fungsi yang biasanya digunakan untuk mencampur larutan, memanaskan air dan juga untuk keperluan lain adalah Beker Glas. Terbuat dari kaca yang tahan panas. Biasanya memuiliki ukuran tertentu. Antara 100 ml hingga 500 ml. Alat ini juga dipakai di banyak laboratorium.

Nah demikian sedikit ulasan mengenai alat kesehatan di laboratorium yang sebenarnya masih sangat banyak sekali. Mudah Рmudahan pembahasan singkat ini bisa bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *